Kamis, 16 April 2020

SAGUSABLOG , Jembatan Memupuk Kreativitas

  



Suatu hari salah satu senior di IGI membagikan sebuah flyer tentang diklat online SAGUSABLOG. Kemudian saya membacanya dengan seksama,  Di flyer tertera bahwa pelatihan akan dimulai pada tanggal 11 April sampai dengan 17 April 2020. wah.. masih lama saya pikir. Lalu,  saya melanjutkan memeriksa tugas yang di kirimkan oleh siswa. Tapi entah mengapa, flyer itu masih terbayang dipelupuk mata sehingga saya buka kembali flyer tersebut dan akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar kembali .



Apa itu SAGUSABLOG ?
SAGUSABLOG merupakan singkatan dari Satu Guru Satu Blog, sebuah program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh IGI secara online yang terbagi ke dalam beberapa level, diantaranya,  level Dasar dan level Lanjutan. Sasaran kegiatan ini adalah  para guru yang tergabung ke dalam IGI. Dengan demikian hanya guru yang terdaftar sebagai anggota IGI yang berhak mengikuti kegiatan ini. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini terbagi kedalam 6 modul yaitu  membuat blog guru dengan engine Blogger, mendesain template blog guru, mendesain header blog guru, mengelola dan menghias blog guru, mengelola dan membuat menu, dan menbuat dan mengelola soal online. Masing-masing modul dilengkapi dengan tagihan-tagihan yang harus diselesaikan oleh peserta diklat sebelum mengerjakan tagihan lainnya.



Pengalaman apa yang diperoleh?
Tak terasa kegiatan ini akan berakhir, banyak pengalaman yang saya peroleh selama diklat ini. Saya, yang awalnya agak ragu dapat menuntaskan semua tagihan (karena pada kesempatan pertama waktu itu gagal). Ternyata baru satu hari diklat, saya sudah dapat menyelesaikan modul 1 sampai dengan modul 3. Amazing !!! Bahkan diantara kami ada yang menyelesaikan dalam satu hari modul 1 sampai 6. Sungguh sebuah diklat online yang luar biasa. Kami belum pernah bertatap muka secara langsung, akan chemistry diantara kami sungguh terasa. Para mentor yang baik, dan mumpuni, selalu menjawab setiap persoalan yang kami hadapi, selalu memotivasi kami untuk bisa menghasilkan sebuah blog yang indah dan menarik. Teman-teman yang saling membantu, sungguh membuat saya terharu dan berterimakasih. Modulnya sangat mudah dipelajari, sehingga pembelajaran online terasa mudah. Membaca modul terlebih dahulu dengan teliti akan mempermudah kita dalam menyelesaikan setiap modul. Kelemahan saya, ya ..itu .. agak  kurang teliti he...he...setiap ada kendala maunya langsung ingin dapat saolusi dari teman-teman saja, kurang berani eksplore, takut salah...takut...tampilan blognya amburadul. Ketika saya melihat blog yang sudah saya buat. Alhamdulillah, ucapan syukur tiada henti terucap. Siapa bilang over fifty susah belajar, sudah lemot. loyo ( itu yang sering saya dengar dari teman-teman yang melihat kami si over fifty). Tapi bersama IGI pernilain itu terbantahkan, Jadi , ingin terus posting di blog. Semoga blog ini isi postingan-postingan yang dapat menyalurkan kreasi dan aspirasi saya.

Sebagai penutup, saya ucapkan terimakasih kepada para mentor, teman-teman sekelompok yang tidak lelah berbagi dan selalu siap membantu ketika saya menghadapi kendala. Sampai jumpa di Diklat berikutnya.

1 komentar:

  1. Kereennnn bu etii....saya dluan komen di blog ibu yaaa...💐🤗slamat bu

    BalasHapus